Profil MKOM

Pada era globalisasi saat ini, dimana AFTA sudah diberlakukan, salah satu keunggulan kompetitif yang harus dimiliki oleh suatu intansi/perusahaan adalah kemampuan untuk menyiapkan dan memiliki informasi yang cepat dan akurat. Kemampuan tersebut tentunya harus dipersiapkan dan dikelola oleh sumber daya manusia yang handal. Berdasarkan kebutuhan akan SDM yang handal di bidang teknologi komunikasi, media dan informatika (telematika) serta dalam rangka percepatan pendayagunaan teknologi telematika sesuai dengan hasil sidang World Summit on The Information Society (WSIS), maka Universitas Budi Luhur menyelenggarakan program Magister Komputer (S2) untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan kompeten dalam mempersiapkan, membangun dan mengelola sistem informasi perusahaan.

Para lulusan dipersiapkan untuk mampu berkarir di bidang :
  1. Pengembangan dan Pengelolaan E-Commerce
  2. Konsultasi dan Integrasi System
  3. Infrstruktur Jaringan dan Komunikasi
  4. Pengembangan Software
  5. Pengelolaan Sumber Daya Sistem Informasi
VISI :
Menjadi program magister unggulan di bidang teknologi telematika di Indonesia dengan dilandasi budi pekerti luhur.

MISI :
Mempersiapkan lulusannya sebagai pemimpin (leader) di bidang teknologi telematika, berbudi pekerti luhur serta memiliki keahlian, pengetahuan dan nilai (skills, knowledge and values) dalam :
  • Menguasai pengetahuan inti teknologi telematika;
  • Mengintegrasikan teknologi telematika dan bisnis;
  • Memiliki perspektif bisnis yang luas dengan kenyataan di lapangan;
  • Menguasai keahlian berkomunikasi antar perorangan dan tim;
  • Menguasai keahlian berfikir analitis dan kritis;
  • Menguasai keahlian khusus yang mengarah ke jenjang karir.
SASARAN PROGRAM STUDI :
Memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumberdaya manusia di bidang teknologi telematika, memberikan kontribusi terhadap usaha mencerdaskan kehidupan bangsa yang berbudi pekerti luhur serta membangun kemampuan dan keahlian yang profesional di bidang teknologi telematika untuk mampu bersaing di pasar global.

TUJUAN PROGRAM STUDI :
Menghasilkan lulusan dengan kompetensi :
  • penguasaan akademik dan keahlian profesional di bidang teknologi telematika, dengan peluang karier sebagai :
    • pengelola dan konsultan proyek pengembangan sistem informasi ;
    • Pengelola industri perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)
    • pengelola dan pengembang infrastruktur jaringan teknologi telematika;
    • pengelola dan pengembang bisnis berbasis teknologi telematika (e-bisnis).
  • Memiliki dasar yang kuat untuk melanjutkan studi ke program doktor (S3) dalam bidang teknologi telematika.

Profil MIKOM

PROFIL MAGISTER ILMU KOMUNIKASI ( MIKOM )

Untuk mengikuti perkembangan IPTEK,, isu-isu lingkungan, serta untuk memenuhi kebutuhan SDM. Di Indonesia saat ini, Universitas Budi Luhur tergerak untuk mendirikan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi. Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi berbasis teknologi komunikasi disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Program ini dibuka untuk umum bagi lulusan S-1 dari berbagai Universitas yang akan mengikuti pendidikan yang lebih tinggi. Universitas memprioritaskan kualitas lulusan yang dihasilkan, lebih baik dan kompeten dibidangnya. Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat lebih didasarkan pada pola pokok ilmiah Universitas, yaitu yaitu dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Masa studi yang dijalankan tentunya masing-masing berbeda sesuai dengan spesifikasi bidang/program studi yang diminati.

Universitas Budi Luhur memberikan kesempatan untuk semua calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri, yang secara intelektual mampu menempuh pendidikan lebih tinggi, secara interaktif dan interdisipliner. Universitas Budi Luhur merupakan salah satu Universitas terkemuka di Indonesia dengan fokus pada pengembangan interdisipliner dalam Rekayasa dan Teknologi Informasi, Ekonomi dan Komunikasi, Globalisasi menumbuhkan pesatnya industri komunikasi dan informasi yang  mendorong terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja yang luas. Untuk mengisi peluang dan lapangan kerja tersebut, tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) handal dan profesional.

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur merupakan program yang di desain untuk menghasilkan SDM-SDM handal, cerdas berbudi luhur  menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta profesional mampu bersaing di bidang:
1. Corporate Public Relations
2.  Marketing Communiction
3.  Communication Management and Media Industry

Visi
Terwujudnya Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur yang dikelola secara professional,  berkualitas, berbudi luhur  serta memiliki kompetensi di bidang Corporate Public Relations, Marketing Communication, Communication Management and Media Industry.

Misi
  • Mendidik mahasiswa agar mampu memformulasikan dan menganalisis fenomena atau permasalahan sehingga memberikan  alternatif bagi penyelesaian masalah-masalah dalam  bidang ilmu Komunikasi, bangsa dan negara.
  • Membangun suasana akademik yang kondusif untuk terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif.
  • Melaksanakan Penelitian/karya ilmiah yang unggulan dan kompetitif, serta terlibat aktif dalam pengembangan Ilmu Komunikasi  dalam kegiatan pada tingkat regional, nasional, maupun global.
  • Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Mengembangkan jejaring kerja baik internal maupun ekternal dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sasaran
Menghasilkan Magister Ilmu Komunikasi yang Lulus tepat waktu (dalam waktu 4 Semester) dengan jumlah lulusan minimal sebanding dengan input (mahasiswa) yang diterima dalam tahun akademis yang bersangkutan, serta memiliki kemampuan keilmuan, menguasai teknologi informasi/komunikasi, berbudi luhur dan profesional.

 Keunggulan :
  • Kurikulum berbasis IT (Cyber Communication)
  • Local Culture Communication
  • Biaya lebih ringan
 Tujuan
  • Menghasilkan Magister Ilmu Komunikasi yang memiliki kemampuan dalam komunikasi personal, komunikasi persuasi dan menguasi teknologi informasi dan komunikasi (Cyber Communication).
  • Menghasilkan Magister Ilmu Komunikasi yang memilki kemampuan mengikuti dan cepat beradaptasi pada perkembangan industri dan bisnis serta berjiwa entrepreneurship.
  • Menghasilkan Magister Ilmu Komunikasi yang memiliki kemampuan melakukan riset komunikasi dan menghasilkan karya komunikasi kreatif.
  • Menghasilkan Magister Ilmu Komunikasi yang memiliki kapasitas kepemimpinan, berfikir dan bertindak strategis, serta kemampuan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah.
  • Menghasilkan Magister Ilmu Komunikasi yang memiliki kemampuan membangun jaringan (networking) serta mengelola program dan kegiatan komunikasi (event management).
  • Menghasilkan Magister Ilmu Komunikasi yang memiliki rasa percaya diri, cerdas berbudi luhur, dan senantiasa mengedepankan etika.
Metode Pengajaran
  • Metode pengajaran akan dikombinasikan dalam program ini, yaitu : kuliah, diskusi, studi kasus, penugasan individu maupun kelompok, seminar, kuliah tamu, mini project, kunjungan industri dan lain-lain.
  • Semua Kelas Program M.I.Kom mengutamakan proses interaksi antar sesama mahasiswa dan dosen, sehingga dengan demikian kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan dan akan terasah.
 Staff Pengajar
Staf pengajar Program M.I.Kom Universitas Budi Luhur  terdiri dari akademisi lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. serta praktisi dalam berbagai bidang bisnis yang keahliannya sesuai dengan yang kebutuhan program.
  1. Prof. H. Deddy Mulyana, Ph.D (Monash University, Australia)
  2. Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin, M.Si (IPB)
  3. Dr. Hadiono Afdjani, MM. M.Si (UNPAD)
  4. Dr. Umaimah Wahid, M.Si (UI)
  5. Dr. Ilham Prisgunanto, M.Si (UNPAD)
  6. Denik Iswardani, Ph.D (Universitas Kebangsaan Malaysia)
Peserta Program :
  • Berasal dari alumni maupun peserta umum, baik yang berlatar belakang Pengajar (Dosen), praktisi swasta maupun pemerintah.
Kuliah Matrikulasi
Mata Kuliah :
  •  Wawasan Budi Luhur
  •  Pengantar Ilmu Komunikasi
  •  Pengantar Statistik
  •  Teori Komunikasi

Profil MM

Program Magister Manajemen Universitas Budi Luhur lahir karena tuntutan akan perbaikan kualitas sumber daya manusia yang merupakan unsur penting dalam era globalisasi maupun era otonomi daerah. Program Magister Manajemen Universitas Budi Luhur menyiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan akademis dan profesional,sehingga mampu menjadi manajer yang tanggap terhadap kebutuhan pembangunan,perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi.

Kualitas sumber daya manusia merupakan unsur penting dalam menghadapi era globalisasi. Untuk terwujudnya peningkatan sumber daya manusia, pendidikan tinggi terus dibina dan dikembangkan guna menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan professional, kemampuan kepemimpinan tanggap terhadap kebutuhan pembangunan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa penuh pengabdian dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara.

Program Pascasarjana Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur, berusaha untuk membantu pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan baik dari segi kurikulum maupun jenjang pendidikan yang terus menerus ditinjau kembali sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

VISI
“Menjadi Magister Manajemen Unggulan di Indonesia, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan dilandasi budi pekerti luhur“.

MISI
Menjadi institusi pendidikan tinggi strata – 2 yang berkualitas dan terdepan dalam bidang manajemen serta menyiapkan sumberdaya manusia yang profesional melalui
  1. Pengembangan nilai-nilai rasa tanggung jawab, kebersamaan, kerjasama, keterbukaan, kreatifitas, semangat belajar seumur hidup, kejujuran dan keadilan.
  2. Pengembangan pola pikir, sikap dan tindakan sebagai manusia yang profesional dalam bidang manajemen serta memiliki jati diri sebagai insan yang berbudi luhur.
Sasaran Program
Program ini dirancang untuk menghasilkan interpreneur, manajer, administrator dan tenaga akademik yang professional, dengan spesialisasi pada bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM dan Manajemen Sistem Informasi. Sasaran program adalah terbentuknya wiraswasta, manajer-manajer dan tenaga akademik yang memiliki dan mampu mengembangkan :
• Pengetahuan berdasarkan disiplin ilmu dan disiplin diri
• Kecakapan manajerial yang dapat diandalkan
• Kemampuan analisis yang kuat
• Semangat dan jiwa wirausaha



Profil MAKSI

Perubahan paradigma organisasi dan manajemen saat ini dari authority based menuntut sistem informasi yang semakin canggih sehingga mereorientasikan fungsi akuntansi dari accountability oriented function menuju decision oriented function. Pendidikan Pascasarjana jalur profesi Program Magister Akuntansi didirikan dalam rangka turut berperan serta memajukan sistem pendidikan akuntansi di Indonesia, serta memenuhi kebutuhan dunia usaha akan pendidikan lanjutan yang berorientasi pada profesi.

Visi
Membentuk Sumberdaya Manusia yang tangguh dalam bernalar, beretika, memiliki profesionalisme dan integritas yang baik serta tanggap untuk memasuki era kesejagatan dalam ilmu pengetahuan khususnya bidang akuntansi.

Misi
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang akuntansi yang meliputi : proses pelaporan keuangan, proses pelaporan akuntansi manajemen, proses pengauditan dan proses perpajakan.

Sasaran Program Studi
  1. Mampu untuk mengembangkan ketrampilan di bidang ilmu akuntansi (akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, audit dan perpajakan) dalam arti mampu mengaitkannya dengan ilmu lainnya.
  2. Meningkatkan kualitas suasana akademik melalui budaya penelitian, penulisan karya ilmiah dan seminar ataupun workshop.
  3. Meningkatkan kedisiplinan dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen, agar waktu pembelajaran dapat dicapai dengan waktu yang telah ditetapkan.
Tujuan Program Studi
  1. Mampu merumuskan pendekatan yang sesuai untuk memecahkan berbagai masalah dalam masyarakat dengan penalaran ilmiah.
  2. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu akuntansi
  3. Mampu meningkatkan pengabdian untuk memajukan ilmu akuntansi dengan penelitian dan pengembangan.
  4. Memiliki dasar ilmu pengetahuan yang memenuhi syarat untuk melanjutkan pendidikan Program Doktor.